Tingkatkan Mutu Pendidikan, Ka.Kankemenag Monitoring ASAT di MAN 1 Tabalong

Tanjung (Kemenag Tabalong) – Peningkatan mutu Pendidikan di madrasah terus dilakukan secara bertahap termasuk pada proses pengembangan asesmen atau ujian Tahun 2024. Untuk itu  Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tabalong, H Sahidul Bakhri bersama Kasubbag Tata Usaha, H. Abd. Khairi lakukan monitoring pada pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) Tahun Pelajaran 2023/2024 di MAN 1 Tabalong, Selasa (04/06/24).

Ka.Kankemenag  mengapresiasi pelaksanaan ASAT yang dilakukan dengan berlangsung tertib, lancar dan tanpa kendala. “Saya mengapresiasi tugas yang telah dilaksanakan oleh jajaran MAN 1 Tabalong, Alhamdulillah saya melihat asemen berjalan dengan lancar, tertib, suasananya kondusif sehingga mendukung anak-anak untuk berfikir fokus mencapai nilai terbaik, harapannya suasana ini terus dijaga hingga akhir kegiatan,” ungkapnya.

ASAT merupakan pengganti dari Penilaian Akhir Tahun (PAT) karena madrasah sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. ASAT bertujuan untuk mengumpulkan dan mengelola data/informasi guna mengukur kemajuan belajar serta capaian hasil belajar peserta didik sesuai dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang telah ditetapkan.

Ka.Kankemenag berpesan kepada seluruh peserta agar mengerjakan dengan jujur dan teliti agar mendapatkan hasil yang maksimal. Beliau juga berharap pelaksanaan Asesmen Madrasah tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses baik sukses dalam pelaksanaan maupun sukses dengan hasil yang maksimal.

“Karena Asesmen ini sangat penting dan berpengaruh dalam proses evaluasi pembelajaran, saya harap seluruh peserta dapat mengerjakan dengan serius dan teliti, semoga kalian semua mendapatkan hasil yang memuaskan.”  katanya.

Selanjutnya, Ka.Kankemenag menyebutkan pelaksanaan ASAT juga dapat menumbuhkan semangat integritas dan sikap kejujuran dari para siswa. ”Dengan terbiasa bersikap jujur dapat terbentuk generasi islamiah yang memiliki jati diri positif,” ucapnya.

“Kita menginginkan siswa-siswa madrasah dapat meraih kesuksesan. Tidak saja secara akademik namun ada hal penting lainnya yakni bagaimana melahirkan generasi yang berintegritas tinggi dan bertanggung jawab. Semoga hasil yang diperoleh dari ASAT memberikan hasil yang menggembirakan untuk siswa dan juga pihak madrasah,” pungkasnya. (Rep:Sry/Ft:Mukhlis)