Rakernas 2024, Ka.Kankemenag Harapkan Outcome Kinerja Penyuluh Lebih Terukur

Tanjung (Kemenag Tabalong)  –  Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tabalong, H Sahidul Bakhri menegaskan para Penyuluh Agama harus memperkuat tugas dan fungsinya dimasyarakat.

Ka.Kankemenag menyebutkan pentingnya pelibatan tokoh dan penyuluh agama sekaligus untuk memberikan wawasan terkait program prioritas dan Reformasi Birokrasi Tematik .

“Saat ini, pelibatan tokoh dan penyuluh agama sebagai agent of change dapat menjembatani program prioritas pembangunan dengan masyarakat. Tidak sekedar memberikan wawasan dan penyuluhan, yang paling utama diharapkan harus lebih terukur outcomenya dimasyarakat,” tegasnya.

“Apa yang sudah dikerjakan Kemenag terkait tujuh program prioritas juga harus sampai ke masyarakat. Ini bisa dilakukan dengan melakukan sosialisasi dan kolaborasi, termasuk dengan mengoptimalkan media sosial,” ucapnya.

Hal tersebut dikatakan saat dikonfirmasi diruang kerjanya usai mengikuti penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Tahun 2024 yang digelar virtual, Selasa (06/02/24) malam.

Lebih lanjut Ka.Kankemenag menjelaskan pentingnya melibatkan umat dalam pelaksanaan program kerja yang lebih efektif, bermanfaat, dan tepat sasaran. Menurutnya, pembangunan bidang agama bukan semata tugas pemerintah, tapi juga masyarakat.

“Pelaksanaan program Kementerian Agama 2024 harus melibatkan seluruh stakeholders terkait agar segala hal yang menjadi program prioritas Kemenag akan betul-betul dirasakan oleh masyarakat secara luas,” tambahnya.

Menurutnya, para penyuluh agama memiliki peran strategis sebagai garda terdepan Kementerian Agama dalam melaksanakan amanat pembangunan dalam bahasa agama. Untuk itu, ia meminta para penyuluh agama untuk selalu responsif terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat

“Dinamika masyarakat berkembang begitu cepat, persoalan yang dihadapi juga semakin banyak. Ini tantangan bagi kita semua. Bagaimana para penyuluh agama berada dalam posisi yang benar. Jangan kemudian berada di posisi yang sama saja dengan orang lain. Kehadiran Kementerian Agama harus bisa dirasakan masyarakat” tandasnya.

Untuk itu, Ka.Kankemenag berharap sebagai aparatur dilingkungan Kementerian Agama Tabalong memiliki komitmen, mau bersinergi, berkolaborasi, memiliki satu visi misi yang sama untuk kemajuan bersama.

“Kinerja kita harus lebih cepat, harus lebih baik dan bertransformasi dalam mewujudkan birokrasi yang lebih baik,” pungkasnya. (Rep/Ft:Sry)