Puskesmas Tabalong Lakukan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular di MAN 1 Tabalong

Tanjung (MAN 1 Tabalong) – Dalam upaya pencegahan dan penanganan meningkatnya angka prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM), Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong bekerja sama dengan Puskesmas setempat melaksanakan kegiatan deteksi dini dan skrining faktor risiko PTM di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tabalong. Kegiatan ini terutama ditujukan untuk usia produktif, dengan melibatkan empat kelas X MAN 1 Tabalong. Selasa (14/05/24)

Puskesmas Tabalong melakukan cek darah dan cek rokok secara langsung di kelas pesert didik  MAN 1 Tabalong. Kegiatan ini dibimbing oleh Pendidik Irfa Rizma Anjen, bersama dengan perwakilan dua peserta didik KKR MAN 1 Tabalong.

Deteksi dini dan skrining faktor risiko PTM merupakan langkah awal yang penting dalam mengidentifikasi kemungkinan terjadinya penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular lainnya di kalangan usia produktif. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat ditemukan indikasi dini serta memberikan edukasi tentang gaya hidup sehat kepada peserta didik MAN 1 Tabalong.

Irfa Rizma Anjena, mengungkapkan, “Pentingnya kesadaran akan kesehatan di kalangan generasi muda, terutama dalam mencegah PTM yang dapat memengaruhi produktivitas dan kualitas hidup mereka di masa depan. Peran aktif dari pihak sekolah dan kerja sama dengan instansi kesehatan menjadi kunci dalam upaya pencegahan dan penanganan PTM.”

Atas kunjungan Tim Puskesmas Tabalong tersebut, Kepala MAN 1 Tabalong Fathur Rachman, mengungkapkan Terima kasihnya.“Kami sangat berterima kasih kepada pihak Puskesmas Tabalong, karena senantiasa melibatkan MAN 1 Tabalong pada program-program kesehatannya,” ungkapnya.

Kegiatan deteksi dini ini juga memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk lebih memahami pentingnya gaya hidup sehat dan menjaga kesehatan mereka. Diharapkan hasil dari kegiatan ini akan menjadi pijakan untuk upaya pencegahan yang lebih menyeluruh di MAN 1 Tabalong dan masyarakat sekitarnya. (Rep/ Ft: Aisyatur Ridha)