Prosesi Penerimaan Kloter BDJ-18, Ka.Kanwil Ingatkan Jamaah Menggunakan Identitas Selama di Tanah Suci

Banjarbaru (Kemenag Tabalong) – Ka.Kanwil Kemenag Kalsel, Dr. H Muhammad Tambrin, M.MPd mengatakan kepada jamaah haji Tabalong agar senantiasa menggunakan identitas jamaah berupa gelang dan kartu identitas selama ditanah suci.

“Kami mengimbau kepada seluruh jemaah agar memakai gelang identitas sejak diterima sampai kembali ke rumah domisili masing-masing di Tanah Air. Jangan hanya disimpan karena takut hilang,”  ucapnya, Rabu (05/06/24).

Hal tersebut disebutkan saat menyambut kedatangan jamaah Tabalong Kloter BDJ-18 di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin yang dirangkaikan dengan proses penyerahan dokumen paspor, gelang identitas, kartu identitas dan living cost jamaah

Lebih lanjut, Ka.Kanwil menyebutkan gelang identitas menjadi ciri khas jemaah dan petugas haji Indonesia, bahkan seiring berjalannya waktu ditiru negara-negara lain.

“Jangan sampai tertukar dengan siapapun, dan tidak diperbolehkan saling bertukar gelang identitas,” terangnya.

Gelang identitas tersebut memuat sejumlah informasi penting terkait Jemaah seperti keterangan asal Embarkasi, tahun keberangkatan, nomor kloter, keterangan Nomor Paspor Jemaah,  tulisan Jemaah Haji Indonesia dalam Bahasa arab al hajjul Indonesiyyi, nama Jemaah dan Bendera Indonesia (Merah Putih) sekaligus sebagai penanda jemaah atau petugas asal Indonesia.

“Gelang tersebut terbukti sangat memudahkan berbagai pihak untuk mengidentifikasi jemaah ketika terpisah, lupa arah jalan ke pemondokan, dan lain-lain,” ucapnya..

Dikesempatan tersebut, Ka.Kanwil juga mengingatkan jamaah untuk menjaga kesehatan dan berhati-hati dengan cuaca ekstrem di tanah suci. “Haji merupakan ibadah fisik sehingga harus benar-benar dijaga kesehatannya agar jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna,” tambahnya.

Pihaknya meminta agar jamaah menata niat mulai sekarang, sehingga niat utama untuk melaksanakan ibadah haji di utamakan.

“Boleh melakukan ibadah sunah atau kegiatan wisata religi, tapi harus ingat waktu, jangan sampai ketika melaksanakan ritual wajib jadi terkendala. Terlebih sudah mendekati puncak haji”, katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ka.Kankemenag Tabalong, H Sahidul Bakhri  yang turut  serta mendampingi jamaah turut meninjau rangkaian kegiatan penyerahan dokumen, living cost, gelang dan kartu identitas jamaah. Bahkan kepada jamaah lanjut usia (lansia), ia mengapresiasi karena komitmen Haji Ramah Lansia, PPIH Embarkasi Banjarmasin memberikan layanan khusus bagi para lansia dengan mengantarkan langsung dokumen paspor, living cost, kartu dan gelang identitas ke kamar jamaah lansia.

“Hal ini tentu atas dasar komitmen untuk layanan terbaik bagi Jemaah dan menegaskan akan komitmen kita untuk haji berkeadilan dan haji ramah lansia,” pungkasnya. (Rep:Sry/Ft:Mukhlis)