Pj Bupati Tabalong Lepas 319 Jamaah Haji Kloter BDJ-09 ke Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin

Tanjung (Kemenag Tabalong) – Penjabat (PJ) Bupati Tabalong, Hj. Hamida Munawarah, secara resmi melepas 319 jamaah haji dari Kloter BDJ-09 menuju Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Rabu (22/05/24) di Aula Pendopo Bersinar

Dalam sambutannya, Pj Bupati menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan kesiapan fisik selama menjalankan ibadah haji. “Jaga kesehatan, karena kondisi dan cuaca di Makkah sangat berbeda, kadang sangat panas dan sangat dingin. Sediakan obat-obatan yang diperlukan dan segera hubungi bagian kesehatan jika sakit” ucapnya

Ia juga mendoakan para jamaah agar diberikan kesehatan, kemudahan dalam menjalankan rukun-rukun ibadah haji. “Semoga seluruh jamaah diberikan kekuatan dan kesabaran, serta selamat sampai tujuan dan mendapatkan haji yang mabrur,” harapnya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, H. Sahidul Bakhri mengungkapkan bahwa jumlah jamaah haji dari Kabupaten Tabalong pada tahun 2024 mencapai 643 orang.

“Jamaah tersebut terbagi dalam beberapa kloter. Kloter 08, yang hanya terdiri dari 1 orang, telah berangkat lebih dulu pada 21 Mei 2024, bergabung dengan jamaah dari Batola, Banjarmasin, dan Kalimantan Tengah. Kloter BDJ-09, yang terdiri dari 319 orang termasuk 5 orang petugas, diberangkatkan pada hari ini. Kloter lainnya adalah Kloter 17 dengan 13 orang, Kloter 18 dengan 317 orang termasuk 5 petugas, dan Kloter 19 dengan 3 orang,” jelasnya.

H. Sahidul Bakhri juga menambahkan bahwa Kloter BDJ-09 terdiri dari 138 laki-laki dan 176 perempuan. “Jamaah tertua adalah Masratu Gusti Zakaria dari Benua Lawas yang berusia 81 tahun, sedangkan jamaah termuda adalah Bryan Akbar Ilhamsyah dari Kecamatan Murung Pudak yang berusia 18 tahun,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Sahidul Bakhri juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tabalong yang telah memberikan berbagai fasilitas bagi pemberangkatan jamaah haji. “Fasilitas tersebut meliputi bus angkutan untuk keberangkatan dan pemulangan, seragam batik Tabalong untuk jamaah haji, serta konsumsi dari kegiatan pelepasan hingga di Embarkasi Banjarmasin,” ujarnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada Polres Tabalong, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, perbankan, dan instansi lainnya yang telah berkontribusi dalam kelancaran pemberangkatan jamaah haji Kabupaten Tabalong.

Untuk diketahui, setibanya di Embarkasi Banjarmasin pada Kamis, 23 Mei 2024 pukul 07.00 WITA, jamaah haji Kloter BDJ-09 akan menjalani serangkaian kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan, pembagian biaya hidup (living cost), serta penerimaan dokumen lainnya. Mereka dijadwalkan terbang menuju Jeddah, Arab Saudi, pada Jumat dini hari, 24 Mei 2024 pukul 02.05 WITA dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 8109, dan diperkirakan tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada pukul 09.30 WAS. (Rep:Fahriah/Ft: Mukhlis)