Perjuangan Berbuah Manis, Tim Beregu MTsN 5 Tabalong Berhasil Raih Tiket KSM Provinsi

Tanjung (MTsN 5 Tabalong) – Setelah berjuang pada kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten pada Selasa, 02 Juli 2024, tibalah saat yang ditunggu-tunggu semua orang. Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam umumkan hasil dari kompetisi tersebut pada laman ksm.kemenag.go.id/web/pengumuman.

TIM Beregu KSM, Siswa MTsN 5 Tabalong, (Agus Misbah Sa’adi, Anida Syifa Fauziah dan Nabila Zahratun Naim) berhasil meraih peringat ke-2 pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Tahun 2024 (Sabtu, 06/07/24). Lomba ini dilaksanakan pada Selasa, 02 Juli 2024 yang bertempat di MAN 1 Tabalong.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah salah satu ajang bergengsi yang diadakan setiap tahun untuk menguji pengetahuan dan keterampilan siswa dalam berbagai disiplin ilmu. Pelaksanaan KSM Tahun 2024 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada tahap awal, kompetisi ini melibatkan madrasah-madrasah bersaing di masing-masing Kabupaten untuk merebut tiket menuju tingkat Provinsi. Dan Alhamdulillah, tahun ini MTsN 5 Tabalong mengutus enam orang siswa yaitu Sasikirana Ailsa Zahra (bidang Matematika), Akhmad Sirlangga (bidang IPA terpadu), Almatussyifa (bidang IPS terpadu) serta TIM Beregu pada bidang Sosial Sains terpadu (Matematika, IPA, dan IPS). Alhamdulillah pada TIM Beregu KSM, MTsN 5 Tabalong meraih peringkat ke-2 tingkat Kabupaten. Kompetensi ini akan berlanjut ketingkat provinsi dan mereka akan bersaing kembali dengan madrasah-madrasah lain.

Kepala MTsN 5 Tabalong Hj. Siti Khairiyah, S.Pd.I, M.Pd. menyampaikan bangga atas prestasi yang diraih TIM Beregu berhasil meraih peringkat ke-2 tingkat kabupaten. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah membimbing dan mendidik mereka.

“Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi MTsN 5 Tabalong. Kami sangat bangga kepada TIM Beregu telah mengharumkan nama madrasah. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi siswa lainnya untuk terus berprestasi.” Tuturnya

Tidak hanya itu, Khairiyah pun berharap pada para pembimbing untuk terus membina dan mengasah kemampuan para siswa yang maju pada tingkat provinsi, terlebih lagi bagi para siswa yang lolos agar lebih giat dan semangat lagi dalam belajar dan lebih memperhatikan apa yang diberikan oleh para pembimbing mata pelajaran.

Salah satu pembina KSM MTsN 5 Tabalong Waliah Isni, S.Pd.I mengatakan bahwa ketiga siswa tersebut akan terus diasah kemampuannya dan akan diberikan pembekalan  secara intensif dalam mempersiapkan diri pada ajang KSM tingkat Provinsi dan semoga bisa menjadi perwakilan dalam ajang Nasional nanti. (Ref: Gita/Ft: Hamid)

 

Editor:Aya