Penyusunan Kisi-Kisi Soal ASAS, Kamad: Harus Mengacu Pada Capaian Pembelajaran Siswa

Tanjung (MTsN 10 Tabalong) – Menjelang Asessmen Sumatif Akhir Semester pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 10 Tabalong Tahun Pelajaran 2024/2025, Kepala Madrasah Drs. H. Rahman Noor, mengatakan guru mata pelajaran (mapel)  harus menyusun kisi-kisi soal ASAS dengan memperhatikan capaian pembelajaran siswa dan sesuai dengan kompetensi yang sudah dicapai.

“Di dalam penyusunan kisi-kisi soal, khususnya kelas VII yang menerapkan kurikulum merdeka, harus berdasarkan pada capaian pembelajaran yang sudah dilalui mereka dalam proses PBM,” ujarnya saat memberikan arahan pada rapat koordinasi persiapan ASAS di ruang tata usaha madrasah, Senin (19/11/24).

Kamad kemudian memaparkan pelaksanakan ASAS akan berlangsung selama 9 hari dari tanggal 28 Nopember s.d. 07 Desember 2024. Oleh karena itu, para guru mapel segera mengoptimalisasikan ASAS, terutama pembuatan kisi-kisi dan soal ASAS.

“Guru mapel kelas VII dan VIII dan IX diminta membuat soal mengkondisikan materi dengan intens siswa dan tingkatan soal dari yang mudah sampai yang sulit serta usahakan tingkat kesulitan soal piramida,” paparnya.

Kamad mengharapkan selain menyusun soal ASAS harus berazaskan HOTS (higher order and Thinking Skill) dan sesuai dengan urgensi, relevasi, kontinuitas, keterpakaian sehari-hari, pilihan jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi materi, pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas. “Soal HOTS ini dapat disisipkan di beberapa materi, sehingga bisa mengukur kualitas berfikir siswa,” ajaknya.

Salah seorang panitia pelaksana, Marlina, S.Pd, mengatakan bahwa ketentuan dalam penyusunan soal ini sudah disosialisasikan kepada guru mata pelajaran. “Semoga kegiatan ASAS nantinya akan berjalan sesuai dengan planning yang dibuat. Selain itu, panitia pelaksana diharapkan selalu berkoordinasi dan bekerjasama untuk menyukseskan ASAS ini,” tegasnya..

Rep/Ft: Humas