Pengawas Madrasah Lakukan Pemantauan & Pendampingan Perencanaan Program Kerja Madrasah

Tabalong, Jumat, 26 April 2024 – Pengawas Madrasah dari Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, H. Akmad Zarkasi, melakukan monitoring intensif terkait penyusunan Program Kerja Madrasah (RKT.RKAM) untuk tahun 2024 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Tabalong.

Kegiatan monitoring yang dilaksanakan pada Jumat (26/04/24) tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memastikan kualitas pendidikan di madrasah yang tersebar di wilayah Tabalong. H. Akmad Zarkasi bersama timnya turut memeriksa dan memberikan arahan terkait proses penyusunan (RKT.RKAM) agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Akmad Zarkasi saat dikonfirmasi menyatakan pentingnya peran pengawasan dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.

“Melalui kegiatan monitoring seperti ini, kami berusaha untuk membantu madrasah dalam menyusun program kerja yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik serta lingkungan sekitar,” ujar H. Akmad Zarkasi.

Ia menambahkan, pendampingan dilakukan dengan menggunakan metode interview terstruktur terkait komitmen perubahan, kesadaran, dan tingkat kapasitas Kepala Madrasah dalam merencanakan program kerja pengembangan Madrasah.

“Tahun 2024 ini, Program pengawasan madrasah duatur dalan Perdirjen nomor 4831 tahun 2023 tentang peran pengawas madrasah dalam implementasi kebijakan merdeka belajar pada satuan pendidikan.” Jelasnya

Untuk itu, Berdasarkan Perdirjen nomor 4831 tahun 2023 terdapat empat tahapan siklus pendampingan pengawas madrasah yang harus dilakukan dalam melakukan implementasi kebijakan merdeka belajar.

“Empat tahapan dalam siklus yaitu Pertama, perencanaan pendampingan saruan pendidikan, Kedua, pendampingan perencanaan program kerja satuan pendidikan, Ketiga, pendampingan terhadap pelaksanaan program kerja satuan pendidikan, dan Keempat, pelaporan hasil pendampingan.”paparnya

Pihaknya berkomitmen akan terus melakukan pendampingan sesuai regulasi yang diatur kepada madrasah-madrasah yang menjadi binaannya di Kabupaten  Tabalong

Sementara itu, Kepala MIN 5 Tabalong Rina Hidayati mengapresiasi kehadiran pengawas madrasah dalam mendukung proses penyusunan RKT.RKAM di sekolahnya.

“Kami berterima kasih atas bimbingan dan arahan yang diberikan oleh pengawas madrasah. Hal ini akan sangat membantu kami dalam merencanakan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di MIN 5 Tabalong,” ungkapnya.

Diharapkan, melalui monitoring yang dilakukan oleh pengawas madrasah, program kerja yang disusun oleh MIN 5 Tabalong dapat lebih terarah dan memberikan dampak positif bagi perkembangan peserta didik serta pencapaian tujuan pendidikan madrasah.

 

.(Rep:Ela/Ft:Rina)