Penanaman Sejuta Pohon, Ka.Kankemenag : Lestarikan Alam, Perkokoh Semangat Moderasi Beragama

Tanjung (Kemenag Tabalong) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.kankemenag) Tabalong terjun langsung dalam mendukung Program Penanaman Sejuta Pohon yang serentak dilaksanakan dalam  rangka Hari lahir (Harlah) Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) ke-1 Tahun 2024, Kamis (30/05/24).

Program penanaman sejuta pohon yang bertemakan “Rawat Bumi, Perkuat Moderasi” digelar dibeberapa titik lokasi, diantaranya dilakukan penanaman di rumah-rumah ibadah, KUA Kecamatan, madrasah/sekolah dan pondok-pondok pesantren.

Kepala Kankemenag Tabalong, H Sahidul Bakhri saat membuka ceremony Program Penanaman Sejuta Pohon di titik lokasi MTsN 9 Tabalong menyebutkan  program yang dilaksanakan tersebut mengandung makna agar senantiasa menjaga dan mencintai lingkungan.

“Apa yang kita tanam, maka itulah yang kita tuai. Semoga program ini menjadi bukti kecintaan kita untuk senantiasa menjaga keseimbangan, kelestarian alam dan lingkungan agar tetap hijau,” ucapnya.

“Program ini sekaligus melibatkan masyarakat, tokoh lintas agama, serta pejabat pemerintah di tingkat desa sebagai upaya mengajak segenap masyarakat kita untuk memperkuat silaturahmi, toleransi dan memperkokoh moderasi beragama melalui cinta lingkungan,” tandasnya.

Lebih Lanjut, Ka.Kankemenag menyebutkan Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak menjadi salah satu titik yang dipilih karena wilayahnya memiliki masyarakat yang majemuk baik dari agama dan keragaman suku budaya.

“Lokasi seremoni lainnya juga dilakukan di Kampung Moderasi Beragama Desa Warukin Kecamatan Tanta. Ada 310 bibit pohon yang kita tanam secara serentak hari ini yang tersebar dibeberapa titik rumah-rumah ibadah gereja dan masjid, madrasah/sekolah, 12 KUA Kecamatan serta Pondok-pondok Pesantren. Pohon yang ditanam merupakan pohon-pohon produktif,” terangnya

Program Penanaman Sejuta Pohon di Desa Kapar turut dihadiri oleh Pejabat Struktural/Fungsional Kankemenag Tabalong, Kepala KUA Kec. Murung Pudak, Perwakilan Dinas Kehutanan, Kepala Desa Kapar, Tokoh Agama Islam/Kristen, Tokoh Masyarakat serta Penyuluh Agama Islam  dan Kristen. (Rep:Sry/Ft:Fahriah)