Pembukaan Asesmen Sumatif Kamad Tekankan Kejujuran dan Integritas

Pampanan (MIN 6 Tabalong) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Tabalong menggelar pembukaan Asesmen Sumatif untuk para peserta didik Kelas 1-5 MIN 6 Tabalong. Acara yang berlangsung dengan khidmat ini dihadiri oleh seluruh siswa dan Dewan guru. – Kamis, (30/05/24)

Pembukaan acara diawali dengan sambutan dari Kepala Madrasah, Hj. Ida Ruyani, yang menyampaikan pentingnya asesmen ini sebagai alat evaluasi untuk mengukur capaian kompetensi siswa selama satu tahun ajaran. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya kejujuran dan integritas dalam pelaksanaan asesmen.

“Nilai yang kita peroleh dari asesmen ini bukan hanya sekadar angka di atas kertas, tetapi cerminan dari usaha dan kerja keras yang telah kita lakukan selama ini. Mari kita laksanakan asesmen ini dengan jujur dan penuh tanggung jawab,” ujar Hj. Ida Ruyani.

Setelah sambutan dan arahan, acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Wakamad Kurikulum H. Atoullah, yang berdoa agar pelaksanaan asesmen berjalan lancar dan para siswa diberikan kemudahan dalam menjawab setiap soal yang diberikan.

Para siswa tampak antusias dan bersemangat dalam menghadapi asesmen ini. Mereka telah mempersiapkan diri dengan baik melalui berbagai kegiatan pembelajaran dan bimbingan belajar yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Ini adalah kesempatan bagi kami untuk menunjukkan apa yang telah kami pelajari selama 1 tahun ini. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik,” ujar salah satu siswa kelas 5.

Asesmen sumatif di MIN 6 Tabalong ini dijadwalkan berlangsung selama 10 Hari, dengan berbagai mata pelajaran yang akan diuji, mulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, hingga Pendidikan Agama Islam.

Dengan adanya asesmen ini, diharapkan dapat menjadi alat evaluasi yang efektif untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam proses belajar mengajar, serta menjadi dasar dalam merencanakan perbaikan dan pengembangan pendidikan di MIN 6 Tabalong ke depannya.

Acara pembukaan diakhiri dengan pemeriksaan kesiapan ruang dan peralatan yang akan digunakan dalam asesmen oleh panitia pelaksana, memastikan semuanya berjalan sesuai rencana dan tidak ada kendala teknis yang berarti. (Rep.Idoy/Ft.Idoy)