Pembersihan Lingkungan Madrasah Pasca Pelaksanaan Milad MIN 9 Tabalong

Tanjung (MIN 9 Tabalong)- Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Tabalong mengadakan pembersihan lingkungan sekitar madrasah pasca liburan Ramadhan serta pelaksanaan milad, Sabtu (20/04/24).

Lingkungan madrasah yang bersih akan membuat siswa belajar dengan nyaman pada akhirnya berdampak positif  pada siswa dan prestasinya. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa lingkungan madrasah yang positif akan membuat angka kehadiran, nilai ulangan, dan tingkat kelulusan di madrasah tersebut tinggi.

Kepala MIN 9 Tabalong Hj. Rusdiana, S.Pd.I mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan untuk menjaga lingkungan madrasah yang selalu bersih dan sehat.

“ Setelah liburan Ramadhan dan pasca kegiatan Milad MIN 9 Tabalong ke-66 banyak hal yang harus dibenahi salah satunya yaitu pembersihan lingkungan. Siswa di arahkan oleh dewan guru membersihkan lingkungan dengan memungut sampah serta membersihkan kelas masing-masing dengan menyapu dan mempel lantai serta membersikan debu-debu yang menempel di langit-langit ruang kelas” ujar kamad.

Rusdiana juga menambahkan bahwa karakter cinta kebersihan sangat penting ditanamkan untuk siswa sejak dini.

“siswa di tanamkan karakter cinta kebersihan yang bermanfaat untuk menjaga kebersihan diri maupun lingkungan madrasah agar kondisi fisik dan mentalnya tetap terjaga dengan baik. Manfaat menjaga kebersihan lingkungan madrasah. Ketika lingkungan madrasah bersih, manfaatnya bukan hanya akan dirasakan oleh siswa maupun guru yang sering berkegiatan di madrasah tersebut, melainkan juga berdampak untuk masyarakat sekitar” tambahnya lagi.

Sementara itu Muhammad Hipni, S.Pd.I selaku salah satu guru MIN 9 Tabalong yang ikut berpartisipasi dalam kerja bakti tersebut menyebutkan bahwa semua siswa juga senang dan berperan aktif untuk membantu membersihkan lingkungan madrasah.

“Selain membersihkan lingkungan madrasah kami juga membongkar panggung utama pasca pelaksanaan milad MIN 9 Tabalong, mengangkut meja dan kursi dan mengembalikan ke tempatya. Kemudian melepas atribut serta spanduk keperluan milad, yang ke semua itu dibantu oleh siswa” ujar Hipni.

Hipni juga menambahkan bahwa selain membersihkan sampah di halaman dan lingkungan kelas, kegiatan pembersihan ini juga mencakup sanitasi yang ada dimadrasah.

“ salah satunya toilet yang bisa menjadi tolok ukur kebersihan madrasah. Selokan airpun dipastikan bersih supaya air dapat mengalir dengan lancar. Dengan bantuan siswa, pekerjaan bersih-bersih ini pun terasa menjadi ringan. Semoga MIN 9 Tabalong selalu menjadi sekolah sehat dan bersih. (Rep:Nisa/Ft:Nisa).

 

Editor:Aya