Pantau Kelancaran H+4 AM di MIN 9 Tabalong, Pengawas Lakukan Monitoring

Tanjung (MIN 9 Tabalong)- Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Tabalong laksanakan Asesmen Madrasah (AM) mulai Senin (06/05/24), dan dijadwalkan akan berakhir pada Rabu (15/05/24). Memasuki hari ke-4, Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, Ida Rahmi, S.Pd lakukan monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan AM dengan berkeliling ke setiap kelas, Sabtu (11/05/24).

Kepala MIN 9 Tabalong Hj. Rusdiana, S.Pd.I menyambut kedatangan Pengawas Madrasah seraya menjelaskan proses pelaksanaan Asesmen Madrasah yang pada tahun ini masih menggunakan skema ujian berbasis LJK (Lembar Jawaban Kertas) atau masih tertulis.

“ Untuk tahun ini kami masih melaksanakan ujian dengan berbasis LJK atau masih tertulis. Sebenarnya ada rencana untuk ujian tahun ini berbasis android atau menggunakan Google Form, namun karena persiapan yang belum matang, sehingga hal tersebut urung dilaksanakan dan rencananya apabila memungkinkan akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, “ ujarnya

“ Kegiatan Monitoring dan evaluasi ini sangat penting bagi kami untuk memastikan bahwa pelaksanaan Asesmen Madrasah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk mendapatkan masukan dan saran yang berguna untuk perbaikan ke depan ” ungkap Rusdiana.

Sementara Pengawas Kemenag Ida Rahmi, S.Pd mengatakan Tujuan pelaksanaan monev yakni untuk memantau pelaksanaan Asesmen Madrasah dan memastikan proses Asesmen berjalan dengan lancar tanpa kendala.  “ Kedepannya, hasil monev AM dapat dijadikan bahan evalusi dalam pengambilan kebijakan lebih lanjut terkait pelaksanaan AM, validasi soal, hingga perlengkapan administrasi Asesmen di masa yang akan datang “. ujarnya

Secara umum, Pengawas mengapresiasi penyelenggaraan Asesmen Madrasah di MIN 9 Tabalong yang berlangsung baik dan lancar. Harapannya, seluruh peserta didik dan penyelenggara AM dapat terus bekerjasama mematuhi tata tertib Asesmen, sehingga pelaksanaan Asesmen Madrasah dapat terus berjalan sukses hingga hari terakhir. (Rep:Nisa/Ft:Yuli)