Panitia PPDBM MTsN 4 Tabalong Gelar Test Baca Al-Quran dan Wawancara

Tanjung (MTsN 4 Tabalong) – Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) Tahun Pelajaran 2024/2025 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Tabalong menggelar test baca Al-Quran dan wawancara bagi calon peserta didik baru jalur regular diruang kelas, Sabtu (24/02/24).

Ketua PPDBM MTsN 4 Tabalong H. Abd. Rahim, S. Ag menjelaskan pendaftaran siswa baru yang dilaksanakan dari tanggal 19 s.d 21 Februari 2024 berhasil menjaring 252 pendaftar jalur reguler. “Hari ini 252 pendaftar tersebut mengikuti seleksi test baca Al-Quran dan wawancara,” jelasnya.

Lebih lanjut H. Abd Rahim mengatakan kegiatan seleksi bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran dan motivasi siswa bersekolah di madrasah. “Hasil dari tes ini sebagai acuan bagi guru untuk memberikan bimbingan nantinya,” ujarnya.

Abd. Rahim menambahkan seleksi dilaksanakan selama satu hari dengan enam ruangan kelas, masing-masing ruangan terdiri dari dua penguji yaitu penguji membaca Al Qur’an dan wawancara dengan jumlah calon siswa sebanyak 42 orang. “ Kegiatan seleksi ini dimulai dari pukul 08.00 s.d 12.00 wita”, katanya.

Menurutnya proses seleksi pada hari tersebut telah berjalan dengan lancar dan aman, walaupun ada dua orang peserta yang berhalangan mengikuti seleksi karena sakit, namun panitia memberikan dispensasi dengan mengikuti dihari selanjutnya setelah sembuh dari sakit.

“Segala kebijakan terkait proses seleksi ini benar-benar telah dijalankan untuk melayani para pendaftar dengan baik dan maksimal,” imbuhnya.

Ditambahkannya bahwa hasil dari seleksi baca Al Qur’an dan wawancara tersebut akan diumumkan pada tanggal 29 Februari 2024 mulai pukul 00.00 secara online diwebsite madrasah dan media sosial MTsN 4 Tabalong, baik grup WA, IG, dan FB juga diumumkan secara offline. “Panitia akan mengumumkan hasil seleksi secara online melalui media sosial madrasah maupun secara offline dengan melihat langsung dipapan pengumuman di lingkungan madrasah”, pungkasnya.

Sementara Kepala MTsN 4 Tabalong Siti Mas’amah, S. Ag, M. Pd yang ditemui diruang kerjanya mengapresiasi kepada seluruh panitia PPDB yang telah bekerjasama mempersiapkan kegiatan seleksi dengan maksimal dan berakhir dengan lancar dan sukses. “Semoga rangkaian PPDBM selanjutnya akan berjalan dengan lancar sampai tahap akhir dan siswa yang terjaring benar-benar yang berkualitas,” tukasnya. (Rep: Dyah/Ft: Yadi)