MTsN 5 Tabalong Gelar Rapat Persiapan MATSAMA

Tanjung (MTsN 5 Tabalong) – Jelang pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi peserta didik baru, kepala MTsN 5 Tabalong Hj. Siti Khairiyah, S.Pd.I, M.Pd. menggelar rapat bersama panitia MATSAMA lainnya guna membahas persiapan pelaksanaan kegiatan yang bertempat di ruang kepala MTsN 5 Tabalong, Selasa (09/07/24).

Rapat yang dihadiri oleh seluruh panitia MATSAMA membahas mengenai jadwal kegiatan, pembagian tugas panitia, serta materi-materi yang akan disampaikan selama MATSAMA, serta berbagai program yang akan dilaksanakan dengan menyusun rencana dan strategi yang efektif dengan tujuan untuk membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan madrasah.

Ketua Panitia MATSAMA, Hj. Norhayani, S.Ag dalam rapat memaparkan bahwa MATSAMA akan digelar mulai  15 sampai 18 Juli 2024 mendatang. Secara garis besar kegiatan akan dipusatkan di musholla dan lapangan utama MTsN 5 Tabalong.

Peserta didik baru MTsN 5 Tabalong akan mengikuti MATSAMA selama rentang hari tersebut dengan rangkaian materi dan kegiatan seperti materi mengenai Moderasi Beragama, Kemadrasahan, Pengenalan Lingkungan dan Budaya Madrasah, dll.

Hayani juga mengatakan, untuk kelancaran kegiatan dibutuhkan dukungan dari semua pihak, baik orang tua/wali peserta didik baru maupun warga madrasah. Oleh karena itu, dirinya berharap melalui seluruh panitia dapat menyampaikan imbauan kepada orang tua/wali maupun peserta didik baru untuk terus memantau perkembangan informasi MATSAMA melalui Whatsapp grup.

Khairiyah selaku kepala MTsN 5 Tabalong dalam arahannya menekankan pentingnya persiapan yang matang untuk memastikan kelancaran kegiatan MATSAMA.

“MATSAMA merupakan momen penting untuk mengenalkan peserta didik baru pada lingkungan madrasah serta membentuk karakter dan budaya positif sejak dini,” ujarnya.

Menurut Khairiyah, MATSAMA dapat dijadikan sebagai momen untuk menggali ide, bakat dan minat peserta didik baru, oleh itu pihak Madrasah berupaya memberikan pengalaman terbaik untuk peserta didik baru dalam pelaksanaan MATSAMA tersebut, karena pentingnya MATSAMA sebagai sarana pengenalan lingkungan madrasah bagi peserta didik baru.

Khairiyah berharap kepada seluruh warga madrasah untuk menjadi contoh teladan bagi adik-adik kelasnya yang baru serta berpesan kepada semua panitia untuk bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik untuk menghindari adanya kendala selama pelaksanaan MATSAMA.

Khahiriyah menekankan perlunya sinergi dan koordinasi yang baik antara semua pihak yang terlibat agar kegiatan ini berjalan lancar dan efektif. (Ref: Gita/Ft: Hamid)