MAN 3 Tabalong Sukses Gelar Asesmen Bakat dan Minat Kelas XII

Tanjung (MAN 3 Tabalong) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tabalong telah berhasil melaksanakan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) untuk siswa kelas XII tingkat nasional.

Kegiatan tersebut berlangsung sejak tanggal 05 sampai dengan 06 November 2024 di Laboratorium Komputer MAN 3 Tabalong. Rabu (06/11/24)

Kepala Madrasah Drs. H. Suberiani, M. Pd turut mengapresiasi kelancaran pelaksanaan ABM dan mengakui signifikansinya dalam membantu siswa memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan potensi mereka. “Kita patut mengapresiasi program ini sebab kebermanfaatannya sangat jelas bagi penentuan jenjang karir siswa,” tuturnya.

Sementara Wakamad Kurikulum, Yarni, S. Pd menyatakan pelaksanaan ABM telah dilaksanakan dengan lancar dan tertib berkat sigapnya proktor dan teknisi. “Alhamdulillah sudah selesai AMB-nya, dari segi kesiapan siswa sangat lancar dan tertib, setelah ini kita hanya menunggu hasil dari pusat,” kata Yarni.

Yarni menekankan pentingnya kegiatan ini dalam memetakan bakat dan minat siswa untuk mendukung keputusan mereka dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan memahami kebutuhan mereka ke depan.

Merujuk kepada petunjuk teknis Asesmen Bakat Minat 2024, ABM adalah tes yang mengukur potensi setiap peserta didik untuk memprediksi kemampuan dan ketertarikannya di bidang-bidang tertentu. Potensi yang dimaksud berkaitan dengan bidang pendidikan dan pekerjaan. Artinya ABM merupakan tes yang berfungsi mendeteksi bakat yang dimiliki seseorang dan kecenderungan minatnya.

Bakat dan minat peserta didik ini akan dipetakan berdasarkan sejumlah aspek yang terukur. ABM tidak sama dengan tes prestasi yang mengukur level kemampuan akademik. Sebab, Asesmen Bakat Minat tidak dirancang mengikuti silabus mata pelajaran tertentu. Kualitas jawaban dalam ABM akan bergantung pada daya nalar peserta tes. ABM 2024 dilaksanakan dengan tes berbasis komputer secara online.

Ini merupakan program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang pelaksanaannya melibatkan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Tujuan ABM adalah mengumpulkan informasi tentang potensi murid di bidang-bidang tertentu berdasarkan sejumlah aspek yang terukur.

“Hasil ABM nantinya disampaikan kepada peserta didik, sekolah, dan orang tua/wali sehingga bisa menjadi petunjuk untuk pengembangan diri setiap peserta didik. Dengan adanya petunjuk yang jelas, proses pengembangan diri peserta didik akan lebih terarah dan terencana. Hasil ABM dapat membantu peserta didik saat akan memilih jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” pungkas Yarni.

(Penulis: Aw / Foto: Aldi)