MAN 1 TabalongLaksanakanPembukaanAsesmen Madrasah TahunPelajaran 2023/2024

Tanjung (MAN 1 Tabalong) –MAN 1 Tabalong laksanakan Pembukaan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Hari Senin 04 Maret s.d 19 Maret 2024 yang diikuti oleh Kepala Madrasah, Wakamad Kesiswaan, Kaur Tata Usaha beserta Staf Tata Usaha, seluruh dewan Guru MAN 1 Tabalong dan Pembina Upacara pada AM Wakamad Kurikulum Anderi. Senin (04/03/2024).

Anderi berpesan kepada seluruh peserta didik agar meminta doa restu kepada orang tua atau wali yang ada di rumah sebelum berangkat ke madrasah untuk mengikuti Asesmen Madrasah. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT dan diberikan kemudahan dalam menjawab soal-soal Asesmen nantinya serta berpesan kepada pengawas ruangan Asesmen Madrasah agar menjalankan tugas sesuai tata tertib dan ketentuan yang berlaku dan setiap ruangan diawasi oleh satu orang pengawas.

Asesmen Madrasah (AM) yang diikuti oleh peserta didik pada jenjang akhir pendidikan pada madrasah sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan juga sebagai evaluasi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam pembelajaran yang telah diterima. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada madrasah untuk menyelenggarakan Asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL) bagi peserta didiknya, “Asesmen Madrasah berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa dan sebagai bahan evaluasi untuk pembelajaran selanjutnya, disamping itu Asesmen Madrasah juga menjadi salah satu syarat dalam menentukan Kelulusan peserta didik,” Ujarnya

Diakhir arahannya, Anderi berharap tidak ada kendala dalam pelaksanaan Asesmen Madrasah di MAN 1 Tabalong dan peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal Asesmen dengan baik dan benar.

Kepala MAN 1 Tabalong menyampaikan selamat ujian kepada seluruh peserta didik, dan berharap ujian Assesmen Madrasah Tahun awal ini berjalan lancer tanpa kendala berarti, “Saya berharap di  tahun pertama untuk asesmen ini semua berjalan dengan lancar, aman dan terkendali,” pungkasnya.

Terakhir, Wakamad Kurikulum Anderi, memasangkan secara resmi kartu tanda peserta ujian kepada 2 perwakilan peserta sebagai tanda dimulainya Asesmen Madrasah tersebut. (Rep/Ft: Aisyatur Ridha)