Lebaran Yatim, Keluarga Besar Kemenag Tabalong Siap Disribusikan Ribuan Paket

Tanjung (Kemenag Tabalong) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Tabalong, H Sahidul Bakhri mengajak segenap satuan kerja termasuk  yang ada di madrasah, KUA Kecamatan dan seluruh ASNnya untuk berpartisipasi  dalam mensukseskan “Lebaran Yatim 10 Muharram”, tuturnya,  Senin (08/07/24) di Aula Darul Rahman.

Hal tersebut diungkapkan saat digelarnya Rapat Koordinasi Gabungan yang diikuti oleh Kepala RA/Madrasah, Kepala KUA Kecamatan/Penghulu, Penyuluh Agama serta Kaur TU madrasah.

Dikatakannya, Muharram adalah salah satu waktu yang mulia karena merupakan bulan pembuka tahun baru dalam kalender hijriyah. Selain perayaan Tahun Baru Hijriyah pada tanggal 1 Muharram, sebagian masyarakat menganggap tanggal 10 Muharram sebagai Hari Raya atau Lebaran bagi anak yatim.

“Momentum tanggal 10 Muharram dianggap sebagai Hari Raya anak yatim berdasarkan anjuran untuk memberikan bantuan kepada anak-anak yatim pada hari itu. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah SAW sangat mencintai anak-anak yatim, dan beliau lebih mencintai mereka pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram). Pada hari itu, Rasulullah SAW memberikan makanan dan bantuan tidak hanya kepada anak yatim, tetapi juga kepada keluarganya,” tambahnya.

Ka.Kankemenag dalam arahannya menyebutkan minimal 2000 paket akan didistribusikan kepada anak yatim dari siswa RA/madrasah, panti asuhan hingga masyarakat umum / warga Tabalong.

“”Kita libatkan madrasah dan KUA Kecamatan untuk membantu yang mana selanjutkanya setiap tim akan dibagai perwilayah kita akan menyisir mulai dari siswa yatim dan kurang mampu, panti asuhan, bahkan hingga ke warga sekitar,” terangnya.

“Dengan begitu, pendistribusian akan lebih mudah karena masing-masing satker yang menyiapkan paket lebaran yatimnya sekaligus mendistribusikannya. Sumber dananya dari masing-masing aparatur minimal 50 ribu/orang kemudian dikelola satker untuk disiapkan dalam bentuk paket barang,” jelasnya.

Dikatakannya, rencana pelaksanaan Lebaran Yatim tersebut akan dilaksanakan serentak pada tanggal 10 Muharram 1446 H. “Lebaran yatim ini, selain sebagai upaya kita saling berbagi kepada anak-anak yatim juga sebagai untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berzakat,” terangya.

Kamad MTsN 5 Tabalong, Hj. Siti Khairiyah sangat mendukung dan siap mensukseskan kegiatan Lebaran Yatim. “Kita akan siapkan paket sembako sejumlah anak yatim yang terdata dimadrasah dan warga sekitar, Insya Allah Kami siap mensuskeskannya,” ucapnya. (Rep/Ft:Sry)