Tanjung (Kemenag Tabalong) – Pelayanan Terpadu Satu Pintu elektonik (e- PTSP) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tabalong, resmi dilaunching oleh Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel, DR. H. Muhammad Tambrin di Gedung Pendopo Bersinar, Selasa (16/05/23).
Peresmian turut disaksikan oleh pimpinan SKPD lingkup Pemkab Tabalong, Pimpinan BSI Cabang Tanjung, pejabat struktural lingkup Kemenag Tabalong serta Kepala Madrasah dan Kepala KUA Kecamatan se-Tabalong
Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kemenag Kalsel DR. H. Muhammad Tambrin dalam sambutannya mengapresiasi atas adanya inovasi layanan di Kemenag Tabalong. “Saya berharap inovasi ini menjadi semangat baru agar senantiasa konsisten untuk memberikan layanan prima, cepat dan aman kepada masyarakat,” tuturnya.
PTSP adalah bagian wujud komitmen Kementerian Agama untuk lebih dekat melayani umat. “Dengan inovasi pelayanan yang terpusat diharapkan akan mempermudah publik dalam mendapatkan layanan kemenag Tabalong,” tambahnya.
Menurutnya, dengan slogan “Layanannya Lakas Wan Kada Ngalih” menjadi sebuah harapan akan hadirnya layanan yang diinginkan bagi seluruh masyarakat. “Birokrasi layanan yang cepat dan mudah,” imbuhnya.
Ka.Kanwil berharap dengan dilaunchingnya e-PTSP Kemenag Tabalong tersebut mampu meningkatkan kinerja yang selama ini sudah dianggap baik. “Mudah-mudahan dengan hadirnya e-PTSP ini, pelayanan Kemenag Tabalong akan lebih memuaskan,” harapnya.
Sementara, Ka.Kankemenag Tabalong, H Sahidul Bakhri saat dikonfirmasi menyebutkan aplikasi berbasis online tersebut sebagai bukti komitmen dan konsistensi Kemenag Tabalong untuk terus memberikan pelayanan terbaik serta kemudahan layanan bagi masyarakat di era digitalisasi.
“Kita akan berupaya mendekatkan layanan Kemenag ke masyarakat, karena salah satu bagian penting dari sebuah birokrasi adalah memberikan kemudahan, ketepatan, dan kenyamanan layanan bagi masyarakat,” tandasnya.
Lebih lanjut, Ka.Kankemenag menyebutkan kedepan akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Mal Layanan Publik (MPP) dalam penyediaan konter layanan di MPP Tabalong sebagai salah satu bentuk memperluas jangkauan layanan ke masyarakat secara langsung.
“Kita berharap konter Kemenag di MPP Tabalong akan menjadi salah satu pusat informasi terhadap layanan Kemenag utamanya jika masyarakat belum sempat berkunjung ke Kemenag,” tandasnya.
Saat ini layanan yang disediakan secara online yakni Layanan Permohonan Magang/PKL, Layanan Permohonan Cuti, Permohonan Surat Penerbitan Kembali BPIH, Rekomendasi Bantuan RA/Madrasah, Layanan Verval Simpatika, Permohonan Rekomendasi DAna Hibah Rumah Ibadah, permohonan Pengukuran Arah KIblat, dan Rekomendasi Pendirian Ponpes/Madin dan RUmah Tahfidz.
“Kedepan kami akan terus berkomitmen untuk pengembangan jumlah layanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat demi mewujudkan birokrasi layanan yang bersih melayani,” pungkasnya. (Rep:Sry/Ft:Rudy)