Kepala Madrasah dan 30 Guru MTsN 4 Tabalong IKuti AKGTK

Tanjung (MTsN 4 Tabalong) – Tenaga pendidik dan kependidikan MTsN 4 Tabalong mengikuti Asesmen Kompetesi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) tahun 2024 di lingkungan kantor Kementerian Agama kabupaten Tabalong bertempat di MAN 1 Tabalong, Selasa 25 Juni 2024.

Terdapat 30 orang guru dari MTsN 4 Tabalong yang mengikuti AKGTK ini yakni : Kepala Madrasah, Guru bidang studi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ipa, Matematika dan Bk.

“Alhamdulillah, pelaksanaan AKGTK di MTsN 1 Tabalong berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Para peserta didik dan guru peserta AKG terlihat antusias dan fokus dalam mengerjakan soal-soal AKGTK,” ujar Kepala MTsN 4 Tabalong, Mas’amah saat di konfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (25/06/24)

Ia berharap pelaksanaan AKGTK ini dapat meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam bidang pedagogik, profesional, sosial, kepribadian, dan managerial. “Dengan peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, diharapkan kualitas pendidikan di MTsN 4 Tabalong dan madrasah-madrasah lainnya dapat semakin meningkat” imbuhnya.

Adapun asesmen kompetensi ini adalah penilaian terhadap kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah yang menjadi acuan untuk penyusunan kebijakan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan. Serta pemetaan kesesuaian kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan standar kompetensi.

Dikutip melalui website kemenag.go.id, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Thobib Al-Asyhar, menjelaskan bahwa sebelum uji kompetensi berlangsung, AKGTK telah melalui proses uji coba dan bimbingan teknis oleh penulis soal AKG, tim review, serta Tim Pengembang Aplikasi. Uji coba ini memastikan sistem berjalan dengan baik, data yang disajikan komprehensif, dan mudah diakses pengguna.

“Sistem ini juga akan digunakan pengawas agar proses pelaksanaan dan pelaporan tugasnya bisa dilakukan berbasis digital,” kata Thobib.

“Guru perlu dipetakan kompetensinya guna memastikan bahwa mereka memiliki profesionalisme yang baik,” tambahnya.

Disebutkan, sasaran AKGTK adalah seluruh guru dan tenaga kependidikan madrasah di seluruh Indonesia.

(Rep: Azizah/Ft: Dyah)