Kemenag Tabalong Berkomitmen Sukseskan Program Masjid Ramah Anak

Tanjung (Kemenag Tabalong) – Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, H. Akhmad Surkati, mengungkapkan komitmennya untuk mewujudkan program Masjid Ramah Anak di Tabalong.

Hal ini disampaikannya saat memimpin apel pagi pada Kamis (11/07/2024) di halaman Kantor Kemenag Tabalong. Apel tersebut dihadiri oleh Kepala Kemenag, pejabat fungsional dan struktural, serta seluruh ASN di lingkup Kemenag Tabalong.

Dalam kesempatan tersebut, H. Akhmad Surkati menekankan bahwa Masjid Ramah Anak merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam memenuhi hak-hak anak dan memberikan perlindungan khusus bagi mereka. Program ini bertujuan menjadikan masjid sebagai ruang publik yang ramah dan nyaman bagi anak-anak, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus.

“Masjid Ramah Anak adalah masjid di mana anak-anak merasa aman dan nyaman. Kami berharap masjid menjadi tempat anak-anak berkembang dengan kreatif dan inovatif, serta memperdalam pemahaman mereka tentang agama Islam. Kita tidak ingin anak-anak merasa tidak nyaman, baik secara fisik, psikologis, maupun sosial saat berada di masjid,” ujar H. Akhmad Surkati.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa untuk mewujudkan Masjid Ramah Anak, dibutuhkan keterlibatan dan kerjasama antara pemerintah dan lembaga keagamaan. Fungsi masjid sebagai rumah ibadah yang ramah anak memerlukan dukungan dari berbagai pihak untuk memenuhi hak-hak anak serta melindungi mereka dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, kerentanan, dan diskriminasi.

“Kerjasama antara pemerintah dan lembaga keagamaan sangat penting dalam menciptakan Masjid Ramah Anak. Lembaga keagamaan merupakan bagian dari masyarakat yang mendukung pemerintah dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan mereka dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi,” tambahnya.

H. Akhmad Surkati juga menegaskan bahwa pembentukan Masjid Ramah Anak ini merupakan salah satu langkah untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA) di Tabalong. Dengan program ini, diharapkan masjid dapat menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak untuk berkumpul dan mengembangkan minat serta bakat mereka melalui berbagai kegiatan positif.

“Dengan adanya program Masjid Ramah Anak, diharapkan dapat tercipta generasi muda yang lebih religius, kreatif, dan inovatif, serta memiliki pemahaman yang baik tentang agama Islam sejak dini. Kementerian Agama Tabalong berkomitmen untuk terus mendukung dan mengawal program ini demi mewujudkan lingkungan yang lebih baik bagi anak-anak di Kabupaten Tabalong,” tutupnya (Rep:Fahriah/Ft:Mukhlis)