Kasi Penmad : Siswa Berproses Melahirkan Karakter Diri

Tanjung –  Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kementerian Agama (Kemenag) Tabalong, Drs. Rijani menganalogikan perkembangan siswa ibarat perkembangan anak semenjak masih dalam kandungan hingga terlahir, tumbuh dan berkembang.

”Setiap orang akan melewati fase dalam hidupnya hingga terlahir, tumbuh berproses dan menciptakan karakter dirinya,” ucapnya Selasa (30/05/23) pada saat memberikan sambutan Pengukuhan dan Perpisahan Siswa MTsN 1 Tabalong.

”Karakter merupakan hal yang lebih berharga dari ilmu pengetahuan karena tanpa adanya karakter positif maka ilmu pengetahuan pun tidak akan mendatangkan kebaikan,” terangnya.

Selanjutnya Kasi Penmad menyebutkan, dalam berakhlak, agama Islam mengajarkan untuk selalu berpegangan pada Al-Quran. ”Tanamkan karakter itu dalam diri, apalagi kalian terlahir dari madrasah,” tuturnya.

Ia juga menyatakan kepada para siswa untuk tidak melupakan ilmu dan ajaran agama yang diperoleh selama menuntut ilmu, kuatkan iman agar tak mudah terpengaruh dengan pergaulan dan kecanggihan teknologi yang mampu menggiring pada pola pergaulan yang tidak benar.

Selain itu, lanjutnya, siswa-siswi di harap senantiasa menjaga nama baik madrasah, orang tua, dan seluruh dewan guru.

“Dengan menghormati orang tua dan guru maka ilmu yang diperoleh selama ini akan mendapat barakah dan cerminan akhlaq yang mulia,” sampainya.

Secara khusus Drs Rijani juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh dewan guru yang telah berupaya keras membimbing dan mendidik para siswa untuk memperoleh pendidikan dan pembelajaran demi menciptakan pelajar yang berprestasi.

“Kami sampaikan apresiasi kepada dewan guru karena terus menjaga komunikasi, koordinasi dan kerjasama dalam menjadikan peserta didik yang cerdas, membentuk peserta didik yang berkarakter dan memiliki akhlak yang baik,” tandasnya.(Rep:Ela/Ft:Ela)