Kamad: Jadikan Pre Test PPG  Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Guru

Tanjung (MTsN 10 Tabalong) – Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 10 Tabalong Drs. H. Rahman Noor menyampaikan pelaksanaan sertifikasi bagi guru Mata Pelajaran pada Madrasah melalui jalur pendidikan profesi akan dilaksanakan menunggu ketersediaannya dana untuk membiayai pelaksanaan seleksi akademik calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang disebut dengan pretest.

Ditemui awak humas diruangannya, Kepala MTsN 10 Tabalong mengatakan sebagian besar guru di madrasah mengikuti pretest PPG dengan tujuan mendapatkan pelatihan  sebagai guru profesional, untuk it perlu pembelajaran mandiri agar pretest yang dilaksanakan memperoleh hasil yang memuaskan.

“Mengingat banyaknya guru yang mengikuti pretest PPG, maka perlu melakukan pembelajaran mandiri agar pretest yang dijalankan memperoleh hasil yang memuaskan. Serta diharapkan dengan belajar mandiri yang dilakukan akan meningkatkan kualitas sebagai seorang guru,” ujar Rahman.

Selanjutnya Rahman memaparkan upaya yang dilakukan dalam rangka mempercepat pelaksanaan PPG, Untuk durasi pelaksanaan terangnya, seleksi disetiap dearah tergantung dari jumlah peserta dan ketersediaan tempat ujian kompetensi, setelah mengikuti pretest, selanjutnya para peserta akan mengikuti proses sertifikasi melalui PPG secara bertahap.

Pihaknya berharap seluruh peserta tes menyiapkan diri sebaik mungkin, mengikuti semua prosedur hingga akhirnya dinyatakan lulus dan berhak menerima TPG. “Dan yang terpenting kepada seluruh guru agar selalu update pada Siaga Pendis,” tandasnya.

Sementara salah satu guru yang mengikuti pretest PPG Nor Afrida Riani, S.Pd  mengaku telah mempersiapkan diri untuk mengikuti pretest PPG, dengan cara belajar secara mandiri mengenai materi-materi yang akan diujikan. Ilmi berharap dengan apa yang telah diupayakannya dapat memberikan hasil pretest yang memuaskan.

“Semoga dengan usaha yang telah saya dan kawan-kawan lakukan mendapatkan hasil yang baik dan mendapat kesempatan mengikuti pelatihan guru profesional. Sehingga dapat meningkatkan kualitas kami sebagai seorang guru,” harap Afrida. (Rep:Rizqa/Ft:Eva)