Kamad : 10 Guru MIN 9 Tabalong Tercatat akan Ikuti AKGTK

Tanjung (MIN 9 Tabalong)- Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari Program Madrasah Education Quality Reform (MEQR). Dewan guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Tabalong siap untuk ikuti Asesmen tersebut.

Kepala MIN 9 Tabalong Hj. Rusdiana, S.Pd.I mengatakan bahwa tidak semua guru MIN 9 Tabalong yang bisa mengikuti AKGTK untuk bulan Juni ini.

“Kurang Lebih 10 guru saja yang tercatat bisa mengikuti AKGTK untuk bulan Juni ini, karena sisanya merupakan guru-guru mata pelajaran Rumpun Agama. Nanti pelaksanaannya di tahap kedua di Bulan Agustus 2024. Untuk proses pendaftaran dilakukan secara mandiri oleh dewan guru MIN 9 Tabalong melalui akun SIMPATIKA masing-masing, sehingga bisa memilih Tempat Asesmen Kompetensi yang terdekat dengan tempat tinggal mereka” ungkapnya.

Lanjut Rusdiana menambahkan bahwa pelaksanaan AKGTK ini merupakan hal yang wajib diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru jenjang MI, Mts, dan MA.

“ Pelaksanaan kegiatan AKGTK ini merupakan asesmen kompetensi bagi guru, kepala madrasah, dan pengawas. Kegiatan ini wajib diikuti mengingat pentingnya AKGTK untuk mengukur kemampuan profesionalitas berupa pedagogik, literasi, numerasi, dan sains. AKGTK adalah salah satu penentu madrasah yang berkualitas khususnya di Kabupaten Tabalong. Madrasah yang berkualitas akan tumbuh dan berkembang apabila guru dan tenaga yang lain mempunyai kompetensi yang mumpuni” tambah kamad.

Kamad berharap pelaksanaan AKGTK yang dijadwalkan pada 24-26 Juni mendatang dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sedikitpun.

“Semoga untuk semua yang mengikuti pelaksanaan AKGTK bisa mendapatkan nilai yang sempurna agar dapat menjadikan madrasah menjadi lebih maju, mandiri, dan berprestasi. (Rep/Ft:Nisa)