Kafilah Tabalong Raih 30 Kejuaraan pada MTQ Kalsel Tahun 2024 di Tapin

Tanjung (Kemenag Tabalong) – Pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke XXXV yang diselenggarakan di Kabupaten Tapin, kafilah Tabalong berhasil mencatat prestasi gemilang dengan meraih 30 kejuaraan. Kegiatan yang resmi ditutup oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, menjadi momen membahagiakan bagi kafilah Tabalong yang berjuang memperkenalkan keindahan Al-Qur’an.

Diantara berbagai pencapaian gemilang tersebut, kafilah Tabalong berhasil meraih juara 1 dalam cabang khat mushaf dan khat dekorasi. Sementara itu, posisi juara 2 berhasil diraih dalam cabang hafalan 100 hadits, makalah Al-Qur’an, tahfidz 20 juz, tilawah remaja, serta tahfidz 30 juz. Selanjutnya, Tabalong juga meraih juara 3 dalam cabang tahfidz 10 juz, tahfidz 5 juz, qiraat murattal, qiraat mujawwad, dan fahmil qur’an.

Prestasi gemilang ini disambut dengan sukacita dan bangga oleh Kepala Kemenag Tabalong selaku ketua 1 LPTQ Tabalong, H. Sahidul Bakhri, S.Ag, MA, yang mengucapkan selamat atas pencapaian tersebut.

“Prestasi ini adalah bukti nyata dari komitmen dan kerja keras kafilah Tabalong dalam memperdalam pemahaman serta hafalan Al-Qur’an. Kami berharap keberhasilan ini akan menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan mengamalkan isi suci Al-Qur’an,” ujarnya.

Sementara Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, atau yang akrab disapa Paman Birin saat menutup kegiatan, menyampaikan selamat dan sukses serta berharap prestasi yang diraih pada tingkat provinsi tersebut akan mengantarkan Kalsel meraih prestasi yang membanggakan pada MTQ tingkat nasional.

“Semoga sukses prestasi oleh siapa pun dan dari kafilah manapun yang akan menumbuhkan kesadaran bersama bahwa Al quran menjadi bacaan yang kita rindukan,” ucapnya.

Penutupan MTQ ini turut dihadiri Forkopimda Provinsi Kalsel, Kakanwil Kemenag, Bupati dan Walikota se Kalsel, para pimpinan tinggi pratama Kabupaten Tapin, habaib, alim ulama, tokoh agama, dewan hakim serta seluruh rombongan kafilah se Kalsel. (Rep:Fahriah/Ft:Rudi)