Ka.kankemenag Tabalong Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Tanjung (Kemenag Tabalong) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.kankemenag) Kabupaten Tabalong, H. Sahidul Bakhri S.Ag, MA, bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, Sabtu (01/06/24)

Kegiatan dihadiri oleh Ka. Subbag TU H. Abd Khairi, S.Ag, Kepala Seksi/Penyelenggara, Analis Kebijakan, Pokjawas, Kepala Madrasah, Kepala KUA Kecamatan/Penghulu, Penyuluh Agama, Tenaga Didik dan Kependidikan, serta ASN Kemenag Kabupaten Tabalong.

Dalam upacara tersebut, Ka.kankemenag membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi. Ia menekankan pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

“Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Peringatan ini mengambil tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ujar Ka.kankemenag Tabalong  membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

Ia menekankan bahwa Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, mengandung nilai-nilai luhur seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. “Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” tambahnya.

H. Sahidul Bakhri juga mengingatkan pentingnya membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi,” ujarnya.

Upacara diakhiri dengan doa untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia. (Rep:Fahriah/Ft:Aya)