Ka.Kankemenag Ingatkan Takmir, Pentingnya Pengelolaan Masjid

Tanjung (Kemenag Tabalong) – “Pengelolaan masjid yang baik akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar,” tutur Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, H Sahidul Bakhri  pada kegiatan Pembinaan Kemasjidan yang di gelar Seksi Bimas Islam Kemenag Tabalong Senin (08/07/24).

Acara dihadiri oleh Kasi Bimas Islam, Kepala KUA Kecamatan  dan perwakilan takmir masjid se Tabalong.

Dalam sambutannya, Ka.Kankemenag  mengungkapkan bahwa pentingnya peran BKM dalam menjaga dan meningkatkan kesejahteraan masjid di tengah masyarakat. “Masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat. Oleh karena itu, pengelolaan masjid yang baik akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selain itu Ka.Kankemenag juga mengingatkan agar kas masjid dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemaslahatan umat.

“Dana yang ada di kas masjid berasal dari jamaah, dari masyarakat, dalam bentuk shodaqoh. Uang infaq shodaqoh memiliki fleksibilitas untuk digunakan demi kesejahteraan umat. Beberapa masjid mungkin mengalami kendala operasional karena dana kas masjid yang terbatas. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan bersama bagaimana agar masjid dapat mengelola operasionalnya dengan lebih baik dan melibatkan partisipasi aktif dari jamaah,” tuturnya.

“Setelah kebutuhan operasional terpenuhi, kita dapat mulai memikirkan bagaimana masjid dapat memberikan manfaat positif bagi jamaahnya dan masyarakat sekitar. Misalnya memaksimalkan sarana prasarana pendukung peribadatan,” tambahnya.

Pihaknya berpendapat bahwa setelah kebutuhan operasional terpenuhi, sarana prasarana masjid sudah maksimal maka takmir masjid mulai memikirkan cara memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Hal ini dapat melibatkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, seperti yang sedang sakit atau yang ingin bersekolah namun tidak mampu.

“Dengan begitu, masjid tidak hanya fokus pada dirinya sendiri, tetapi juga pada kesejahteraan jamaahnya dan masyarakat sekitar. Upaya ini diharapkan dapat memakmurkan masjid dan mensejahterakan jamaahnya, sehingga masjid menjadi tempat yang dicintai oleh masyarakat,” terangnya.

Pada kegiatan tersebut, Ka.Kankemenag juga menyampaikan apresiasi dan harapan kepada para pengurus masjid yang telah aktif dalam menjaga keaktifan, kebersihan dan keindahan masjid, serta berkontribusi dalam memelihara keharmonisan masyarakat sekitar.

“Kita mengharapkan masjid-masjid di Kabupaten Tabalong dapat semakin berkembang dan menjadi pusat kegiatan keagamaan yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, ka.kankemenag sekaligus penyerahan secara simbolis Sertifikat Pengukuran Arah Kiblat pada 12 masjid di Tabalong Tahun 2024. (Rep:Sry/Ft:Aya)