Ka.Kankemenag : IKM Membantu Siswa Gali Minat dan Bakat

Tanjung (Kemenag Tabalong) – Guna menyiapkan kurikulum merdeka yang akan dilaksanakan mulai tahun ajaran 2024/2025, KKGMI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tabalong, Kamis (11/07/2024)

Bimtek IKM dalam rangka menjalankan amanah kurikulum agar guru dapat semakin memahami Kurikulum Merdeka dan bisa memantik guru-guru agar lebih kreatif dalam  melaksanakan kegiatan pembelajaran di madrasah.

Ka.Kankemenag Tabalong, H Sahidul Bakhri mengajak peserta Bimtek untuk selalu meningkatkan kinerja, dalam hal mengajar guru harus meningkatkan kompetensinya dalam menguasai kurikulum dan cara mengajar.

“Kurikulum merdeka mendukung siswa untuk menggali dan mendalami minat dan bakatnya, oleh karena itu guru harus bisa melayani siswa sesuai minatnya. Selain itu guru juga harus menguasai teknologi informasi dengan baik,” ungkapnya.

“Pola pengajaran dengan metode video visual kepada siswa MI tentu akan sangat menarik baginya,” tambahnya.

Ka.Kankemenag juga berharap kurikulum merdeka ini, para guru bisa lebih mendalami, memahami agar bisa di implementasikan, karena disetiap perubahan kurikulum yang terjadi pasti arah dan tujuannya untuk perbaikan-perbaikan kedepan.

“Implementasi kurikulum merdeka ini harus betul-betul kita resapi dan pahami dengan baik, harus kita dalami sedalam-dalamnya, karena tidak bisa kita implementasikan jika kita tidak memahami ruhnya. Karena ruh perubahan kurikulum itu, tak lain untuk perbaikan-perbaikan kualitas, sehingga kalau ada perubahan tapi tidak mengarah pada perbaikan kualitas maka secara otomatis bukan kurikulumnya yang salah, tapi boleh jadi yang salah adalah pada kemampuan kita memahami dan mengimplementasikannya,” pungkasnya.

Kegiatan Bimtek turut dihadiri Ketua Pokjawas, Ketua KKMI Kab.Tabalong serta Guru Kelas MI se Kab.Tabalong. (Rep”Sry/Ft:Mukhlis).