Ka.Kankemenag Harapkan KSM Lahirkan Siswa Berprestasi dan Berkarakter Islami

Tanjung (Kemenag Tabalong) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong H. Sahidul Bakhri, S.Ag MA mengharapkan  KSM menjadi  Langkah Awal Pelajar Meraih Kesuksesan di Masa Depan dan dapat melahirkan siswa yang berprestasi dan berkarakter islami

“Kompetisi ini menjadi ajang untuk menumbuhkan budaya belajar, meningkatkan kualitas siswa yang berprestasi, berkarakter islami, dan berdaya saing. Sehingga melahirkan output yang memberikan nilai bagi madrasah, agama dan negara,” ucapnya, Selasa(02/07/24)

Dikatakannya agama dan sains bukanlah mata pisau yang berlawanan, tetapi justru saling membutuhkan, saling memiliki kemanfaatan. “Harapannya, dengan kompetisi ini akan melahirkan suatu perkembangan dimana di dalamnya madrasah memiliki eksistensi bukan sekedar lebih dalam pendidikan agama, namun bisa melahirkan sains-sains yang ada di lingkungan madrasah,” katanya.

Semoga eksistensi madrasah, sambungnya, bisa melahirkan generasi dimana dari sisi agama lebih menonjol, dan dari sisi sains bisa bersaing. “Mari bersama-sama mengembangkan sains di lingkungan madrasah,” katanya.

Sementara itu, Staf Penmad Ahmad Junaidi, S.Pd menjelaskan Pengembangan soal KSM Tahun 2024 dilakukan dengan mengintegrasikan sains, teknologi, keIslaman dan lingkungan serta budaya Indonesia dan perkembangan masyarakat global.

“Pengembangan soal KSM ini merupakan suatu pendekatan holistik dan multidimensi yang bertujuan untuk menghasilkan soal-soal yang tidak hanya menguji pemahaman konsep sains, tetapi juga melibatkan aspek-aspek keislaman, budaya, dan teknologi untuk memberikan pengalaman belajar yang kaya dan beragam kepada peserta.

.

“Secara umum, pelaksanaan KSM Tahun 2024 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan, kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.”paparnya

Adapun Pengumuman Pemenang KSM Kabupaten/Kota   5 Juli 2024    Melalui Portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan KSM Provinsi        5 – 6 Agustus 20244          Di tempat yang ditentukan oleh komite Provinsi Pengumuman Pemenang KSM Provinsi           9 Agustus 2024  Melalui Portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan KSM Nasional Final dan Grand Final  3 – 8 September 2024       Di lokasi KSM di Maluku Utara(Rep:Ella/Ft:Junai)