Jemaah Kloter BDJ-09 Jalani Serangkaian Kegiatan di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin

Banjarbaru (Kemenag Tabalong) – Sebanyak 319 jemaah haji kloter BDJ-09 asal Kabupaten Tabalong, Kamis (24/05/24) mengikuti serangkaian kegiatan sebelum bertolak ke Arab Saudi.

“Setelah tiba di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, jemaah haji langsung diterima oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin dan diberikan pengarahan singkat tentang skema pelayanan di asrama,” ujar Kasi PHU Kemenag Tabalong, H Nabhan Fansuri.

Kasi PHU menyebutkan serangkaian kegiatan yang dijalani oleh jemaah haji meliputi pemeriksaan kesehatan, penyerahan dokumen paspor, living cost (uang saku), penyerahan kartu dan gelang identitas serta peragaan manasik haji.

Dikatakannya, jemaah haji diberikan gelang identitas yang wajib dipakai selama berada di Arab Saudi. Gelang tersebut berisi informasi jemaah mulai dari nama, alamat, kloter maupun hotel tempat jemaah menginap.

“Gelang identitas ini wajib dipakai agar jemaah saat terpisah dari rombongan bisa dengan mudah dicari karena seluruh informasinya sudah ada di gelang ini,” tuturnya.

Ditambahkannya, jemaah juga menerima uang saku berupa pecahan mata uang Real. Tujuan pemerintah memberikan Living Cost untuk memberikan bekal kepada jemaah haji agar dapat digunakan sebagai kebutuhan hidup dan untuk menunjang kepentingan ibadah selama di tanah suci.

“Living cost yang diterima jemaah tersebut berasal dari optimalisasi setoran haji yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Jumlah biaya hidup yang ditetapkan sudah sangat cukup untuk jemaah selama di Makkah dan Madinah,” ucapnya.

Ka.Kankemenag Tabalong, H Sahidul Bakhri yang turut meninjau langsung rangkaian kegiatan tersebut mengungkapkan apresiasinya karena komitmen Haji Ramah Lansia, PPIH Embarkasi Banjarmasin memberikan layanan bagi para lansia dengan mengantarkan langsung dokumen paspor, living cost, kartu dan gelang identitas ke kamar jamaah lansia.

“Hal ini tentu atas dasar komitmen untuk layanan terbaik bagi jemaah,” pungkasnya. (Rep:Sry/Ft:Mukhlis)