JELANG PELAKSANAAN  PAT, PANITIA SOSIALISASIKAN PENGGUNAAN APLIKASI

 

 

Tabalong (MTsN 6 Tabalong) Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) MTsN 6 Tabalong tahun pelajaran 2023/2024 perdana dengan berbasis IT. Untuk itu, panitia PAT lakukan sosialisasi dan simulasi pada Rabu (22/05/24) di ruang kelas MTsN 6 Tabalong yang diikuti oleh seluruh siswa peserta PAT dari kelas VII hingga VIII.

Ketua panitia, Yuda Rama Al Fajar ingin memastikan proses PAT berjalan lancar dengan mengadakan simulasi terlebih dahulu. “Pelaksanaan PAT tahun 2024 ini merupakan tahun perdana pelaksanaan PAT dengan menggunakan HP. Dengan minimnya pengalaman yang dimiliki, terntunya perlu kesiapan yang lebih matang. Untuk itu, kami lakukan simulasi terlebih dahulu kepada siswa kelas VII dan VIII,” terang Yuda.

“Banyak hal yang perlu kami pastikan terlebih dahulu sebelum dilakukan PAT secara resmi kepada siswa. Misalnya, kesiapan soal, kelancaran jaringan, maupun kendala-kendala teknis lainnya yang tidak diprediksi,” papar Yuda kembali secara panjang lebar.

Sebagai wakamad kurikulum, Mutisya Elma yang juga turut menjadi salah satu bagian dari kepanitiaan berharap PAT tahun ini bisa berjalan lancar. “Semoga pelaksanaan PAT tahun ini berjalan lancar sebagai langkah awal MTsN 6 Tabalong untuk melakukan penilaian berbasis IT,” ungkap Mutisya.

Mutisya juga menyampaikan teknis penyampaian sosialisasi dan simulasi kepada siswa yang terbagi menjadi delapan ruangan. “Teknisnya, nanti setiap panitia bertanggung jawab untuk satu ruang ujian. Hal yang disampaikan panitia kepada siswa yaitu sosialisasi penggunaan aplikasi dan dilanjutkan dengan simulasi pelaksanaan PAT dari awal hingga akhir pengerjaan soal,” jelas Mutisya kembali.

Mengingat semakin berkembangnya teknologi dan maraknya penggunaan smartphone tentunya tidaklah susah ketika Asesmen dilakukan melalui Handphone. Hal tersebut semakin memperkuat dorongan untuk melakukan penilaian berbasis IT seperti halnya madrasah-madrasah lain. Tak dipungkiri tentu ada kendala yang dihadapi, tetapi sampai saat ini hal tersebut masih bisa teratasi.

 

 

Rep                  : Sri