Gugus Depan MTsN 5 Tabalong Siap Ikuti Kemsarlang 2024

Kiram (MTsN 5 Tabalong) – Gugus depan MTsN 5 Tabalong menghadiri pembukaan Kemah Besar Penggalangan (Kemsarlang) Tingkat Daerah Kalsel Tahun 2024 di Alam Roh 20 Desa Kiram, Kabupaten Banjar, Kamis (27/06/2024).

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Kalsel, secara resmi membuka kegiatan Kemsarlang 2024.

Dalam sambutannya, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini menjelaskan, Kemsarlang 2024 bertujuan untuk memberikan wadah pembinaan dan pendidikan bagi pramuka penggalang dalam mengamalkan kode kehormatan Pramuka, yaitu Trisatya dan Dasa Darma Pramuka, sebagai salah satu upaya mencapai tujuan dan sasaran gerakan Pramuka.

“Dengan mengusung tema “Bersama Mewujudkan Pramuka yang Unggul, Berkualitas, dan Berkarakter”, Kemsarlang 2024 diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang berprestasi, berkarakter, dan cinta tanah air,” ungkapnya.

Regu Penggalang pada acara tersebut berasal dari berbagai kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan. Salah satunya dari kabupaten Tabalong yang turut berhadir pada kegiatan tersebut.

Salah seorang pelatih sekaligus pembina dari MTsN 5 Tabalong ,  Sugianto, S.Pd menyebutkan terdapat 6 regu dari Tabalong. 3 regu putra dan 3 regu putri.

“Kami dari Tabalong sangat menunggu kemah besar penggalang tahun ini dan sudah banyak melakukan berbagai persiapan untuk pentas seni dan semua acara,” ujarnya.

Sugi juga mengatakan bahwa Kemsarlang adalah kegiatan yang menjadi ajang pertemuan antar penggalang. Sehingga anak-anak sangat bersemangat untuk datang juga mengikuti berbagai rangkaian acara.

Adapun total seluruh peserta kemserlang tahun ini berjumlah 949 orang. Terdiri dari 52 regu putra dan 52 regu putri. Termasuk pembina, pendamping dan pimpinan kontingen. (Ref: Gita/Ft: Selvia)