Ekskul Tari MIN 9 Tabalong Tetap Aktif Latihan di Bulan Ramadhan

Tanjung (MIN 9 Tabalong) – Pada bulan Ramadhan tahun ini Ekstrakurikuler Tari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Tabalong tetap melaksanakan latihan di ruang kelas IIIA, Senin (01/04/24).

Pembina sekaligus pelatih ekskul MIN 9 Tabalong Yuliana Norhaddaryah, S.Ap mengatakan bahwa ini  merupakan pengalaman pertama menjadi pembina ekskul tari. “Berdasarkan informasi pembina ekskul yang terdahulu, untuk ekskul tari belum pernah melaksanakan latihan selama bulan Ramadhan. Untuk bulan Ramadhan tahun ini kami programkan tetap memberikan latihan kepada para siswa anggota ekskul agar tangan mereka tidak kaku dalam menari. Apalagi mereka merupakan anggota baru yang masih perlu banyak latihan” ujarnya.

“Kalau sebelum bulan Ramadhan, pelaksanaan ekskul dilaksanakan setiap hari selasa setelah jam pulang, maka pada bulan Ramadhan dilaksanakan setiap senin pagi dari pukul 09.00 sampai selesai. “ ungkap Yuli.

Menurut Yuli, ekskul tari ini baru bisa dilaksanakan minggu kedua di bulan Ramadhan ini. Sebab, pada minggu pertama, siswa/i MIN 9 Tabalong melaksanakan kegiatan pesantren Ramadhan selama 1 minggu.

Lebih lanjut, yuli mengatakan kegiatan ekskul tari ini hanya latihan ringan saja dan tidak menguras tenaga, sehingga bisa dilaksanakan walaupun siswa sedang berpuasa. “Apalagi pelaksanaannya pada pagi hari, sehingga tidak memberatkan siswa yang sedang berpuasa. Selain itu, siswa perlu latihan rutin untuk lebih gemulai dan kompak lagi dalam menari. Kalau dibiarkan terlalu lama tidak latihan, maka tangan akan kaku dalam menari. Inilah alasannya maka latihan ekskul tari ini tetap diaktifkan walaupun bulan Ramadhan. “ tambah Yuli.

Kepala MIN 9 Tabalong Hj. Rusdiana, S.Pd.I menyambut baik kegiatan ekskul tari yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Menurutnya, ekskul kaligrafi ini memang harus rutin dilaksanakan, supaya siswa cepat mahir melakukan gerakan tari dengan kompak dan bagus. Terlebih tidak lama lagi mereka akan tampil di acara perpisahan kelas VI.

“Saya berharap, ekskul tari di MIN 9 Tabalong ini bisa memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan untuk siswa. Sehingga siswa bisa menambah prestasi baik prestasi siswa maupun prestasi madrasah.” Ujarnya (Rep:Nisa/Ft:Yuli)