Dukung Program Pemerintah, Peserta Didik MIN 4 Tabalong Minum Obat Cacing Serentak.

Tanjung (MIN 4 Tabalong) – Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Tabalong secara serentak melaksanakan kegiatan minum obat cacing yang diberikan oleh petugas Puskesmas Hikun Kecamatan Tanjung pada kunjungan mereka ke madrasah hari Jumat (16/02/24) sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan.

Kepala MIN 4 Tabalong Aliansyah, S.Pd.I mengatakan madrasah akan terus mendukung setiap program pemerintah daerah dalam segala bidang yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat seperti kegiatan POPM Kecacingan untuk anak sekolah ini.

“Kami warga madrasah sebagai bagian dari masyarakat daerah akan mendukung setiap kegiatan program dari pemerintah apalagi jika kegiatan tersebut bermanfaat langsung bagi warga madrasah seperti program POPM Kecacingan ini, tentunya dengan kegiatan ini kita menginginkan generasi yang sehat dan aktif dalam aktivitas pembelajaran” kata kamad.

Ditambahkannya generasi yang sehat dan cerdas adalah keinginan madrasah dan sejalan dengan tujuan pemerintah daerah yang menghendaki masyarakat yang sejahtera yang berawal dari masyarakat sehat dan cerdas. Masyarakat yang sehat dan cerdas akan menjadikan mereka produktif dalam mendukung kemajuan pembangunan daerah.

“Madrasah dalam perannya mendidik dan menyiapkan generasi yang religius dan cerdas untuk mendukung pembangunan daerah untuk menjadikan masyarakat yang sejahtera” tambah kamad.

Sementara itu petugas kesehatan dari Puskesmas Hikun Sri menyampaikan maksud kedatangannya ke madrasah yaitu menjalankan program kesehatan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan di Madrasah.

“Kami memberikan obat cacing untuk nantinya dibagikan kepada anak agar diminum sesuai dengan aturan. Ini merupakan program pemerintah bidang kesehatan yang tujuan akhirnya tentu untuk menjadikan warga Tabalong yang sehat dan bebas dari kecacingan” kata Sri.

Selanjutnya Sri mengatakan  pemberian obat cacing sangat penting bagi anak usia sekolah sebagai bagian mendukung kesehatan anak dalam aktivitasnya belajar di madrasah.

“Cacingan tidak bisa dianggap remeh karena bisa membuat penyerapan asupan gizi tidak sempurna dan anemia juga mengganggu aktifitas belajar anak sehingga prestasi di sekolah menurun. Adapun anak yang bebas dari infeksi cacing katanya, tubuhnya lebih baik dalam menyerap makanan dan meningkatkan status gizi sehingga mempengaruhi perbaikan kognitif dan prestasi anak di sekolah” terangnya.

Muhammad Amin peserta didik kelas enam mengatakan sangat senang dan tidak takut minum obat cacing karena semua itu untuk kesehatan. “Tidak takut dan obatnya juga tidak pahit, tadi bisa dikunyah” ujar Amin. (rep/ft:Amin)

Editor: Aya