Dokter Remaja MAN 1 Tabalong Beri Pencerahan tentang Dampak Meminum Kopi

Tanjung (MAN 1 Tabalong) – Suasana upacara bendera di MAN 1 Tabalong hari ini mendapat sentuhan khusus ketika seorang dokter remaja memberikan pengumuman yang tidak biasa: memberi pencerahan tentang dampak meminum kopi pada kesehatan, di depan Kepala MAN 1 Tabalong Fathur Rachman, Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan seluruh siswa. Berlangsung di Lapangan Utama MAN 1 Tabalong. Senin (06/05/24)

Dalam momen yang jarang terjadi, seorang siswa yang juga seorang dokter remaja di MAN 1 Tabalong, namun identitasnya belum diungkapkan, memanfaatkan kesempatan ini untuk mengedukasi teman-temannya tentang bahaya minum kopi secara berlebihan.

“Saudara-saudara sekelasku, saya ingin menyampaikan sesuatu yang mungkin belum kita sadari sepenuhnya,” ujar dokter remaja tersebut dengan suara yang tegas.

“Kita sering mengonsumsi kopi sebagai ‘sumber energi’ kita, tetapi kita harus sadar bahwa kopi juga memiliki dampak negatif jika dikonsumsi secara berlebihan.” Tandasnya.

Dokter remaja tersebut kemudian menguraikan risiko-risiko yang terkait dengan konsumsi kopi yang berlebihan, seperti gangguan tidur, kecemasan, gangguan pencernaan, dan peningkatan detak jantung. Dia juga menyoroti pentingnya pemahaman bahwa kafein dalam kopi bisa sangat merugikan bagi remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.

“Sebagai remaja, kita sedang mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang penting bagi kesehatan kita di masa depan. Konsumsi kopi yang berlebihan dapat mengganggu proses ini,” tambahnya dengan penuh perhatian.

Pesannya disambut dengan perhatian serius dari seluruh hadirin, Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan seluruh siswa MAN 1 Tabalong, yang terkesan dengan keberanian dan kepedulian dokter remaja tersebut untuk berbagi informasi yang bermanfaat.

Dokter remaja MAN 1 Tabalong menutup pengumumannya dengan harapan bahwa pesan ini akan membantu teman-temannya membuat pilihan yang lebih sehat dalam kehidupan sehari-hari mereka. Momen tersebut tidak hanya meningkatkan kesadaran akan kesehatan, tetapi juga menunjukkan pentingnya solidaritas dan peduli satu sama lain di antara komunitas MAN 1 Tabalong.

Kepala MAN 1 Tabalong, Fathur Rachman mengapresiasi atas pengingatannya yang berharga. “Saudara kita yang telah memberikan wawasan yang penting ini, semoga kita semua bisa lebih bijak dalam mengonsumsi kopi dan menjaga kesehatan kita dengan lebih baik,” pungkas Fathur. (Rep/Ft: Aisyatur Ridha).