Tanjung (MIN 4 Tabalong) – Untuk memberikan pengalaman menarik peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Tabalong belajar sejarah dan tauladan kisah para nabi dan rasul melalui Virtual Realty (VR), Kamis (21/11/24).
MIN 4 Tabalong bekerja sama dengan Bioskop Virtual Reality (VR) Indonesia mengadakan kegiatan belajar dengan menggunakan peralatan VR untuk menonton beberapa film yang bercerita tentang mukjizat nabi Musa AS dan kisah pengetahuan hewan purba dinosaurus.
Kepala MIN 4 Tabalong H. Aliansyah, S.Pd.I mengatakan kegiatan belajar dengan menggunakan alat canggih dan modern seperti VR tersebut sangat tepat untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi peserta didik karena memberikan pengalaman seakan peserta didik berada dalam situasi yang sebenarnya secara virtual dan nyata.
“Anak dibuat seolah berada dalam situasi yang sebenarnya ketika menyaksikan film atau kisah tentang mukjizat nabi Musa AS dan ini bisa memberikan pemahaman yang lebih mudah diingat oleh peserta didik dan selain itu juga menjadikan anak senang dalam belajar” ujar Kamad.
Ditambahkan Kamad kegiatan belajar dengan menggunakan VR tersebut untuk memberikan penyegaran kepada peserta didik setelah melaksanakan rangkaian kegiatan pembelajaran secara konvensional setiap hari.
“Kegiatan ini juga memberikan penyegaran setelah kegiatan pembelajaran setiap hari yang dilaksanakan di madrasah. Meskipun demikian dalam kegiatan tetap memuat nilai-nilai pembelajaran terutama sejarah para nabi dan rasul serta tauladan yang harus kita ikuti jadi akan lebih menarik bagi anak-anak” tambah Kamad.
Sementara itu guru MIN 4 Tabalong Maslian Noor, S.Pd.I menyambut baik kegiatan nonton bareng tersebut, menurutnya guru atau pembimbing harus bisa memanfaatkan setiap fasilitas yang ada untuk mendukung kegiatan madrasah apalagi tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut jelas yaitu memberikan pengetahuan sejarah dan contoh tauladan bagi anak hanya saja melalui tayangan film.
“Ini sangat baik, sebagai guru kita harus bisa menarik perhatian anak dengan menonton film tersebut anak akan lebih mudah mengambil pelajaran meskipun harus tetap diberikan penjelasan setelahnya agar pemahaman yang diterima anak menjadi seragam. Adapun penggunaan media digital seperti itu sudah seharusnya dikuasai oleh guru bukan hanya dalam kegiatan ini tapi juga saat proses belajar mengajar” ujar Maslian Noor.
Zailani peserta didik kelas VI mengatakan sangat senang dengan kegiatan nonton bareng film Islami tersebut, dikatakannya lebih mudah memahami sejarah atau kisah para nabi seperti yang diceritakan dalam buku pelajaran apalagi menggunakan VR sehingga semua terlihat nyata.
“Kalau melihat film ini rasanya lebih mudah memahami kisahnya, seperti tadi kisah Nabi Musa AS dengan mukjizatnya. Apalagi menggunakan VR tadi seperti melihat ular sungguhan dihadapan, sempat kaget dan jadi takut juga” ujar Zailani.
Rep/Ft: Amiin