Asesmen Madrasah, Kamad: Umpan Balik Perbaikan Pembelajaran

Tanjung (MTs Ar Raudlah Tanta) – Asesmen Madrasah berfungsi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, umpan balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah, dan salah satu syarat penentuan kelulusan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar Raudlah Tanta ketika di konfirmasi saat monitoring pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024 di MTs Ar Raudlah Tanta, pada Jum’at (26/04/24).

Asesmen Madrasah ini merupakan pengganti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN). “Asesmen Madrasah dilaksanakan untuk mengetahui capaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan atau SKL yang telah ditetapkan,” ujar Kamad.

Ditambahkan Kamad bahwa Pelaksanaan Asesmen Madrasah mengacu Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kamad berharap pelaksanaan Asesmen Madrasah berjalan aman dan lancar sesuai harapan. Selain itu, para siswa mampu menyelesaikan soal dengan baik sehingga nilai yang didapat memuaskan.

Sementara Wakil Kepala Madrasah Bidang kurikulum, Hj. Mahjuwita, S.Ag menyampaikan Asesmen Madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan. Pelaksanaan AM berbasis android. Bentuk soal asesmen bervariasi terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, benar salah dan lain-lain. “Persiapan asesmen telah dilakukan beberapa minggu sebelumnya mulai dari rapat dewan guru, menyusun jadwal, menyusun kisi-kisi, dan pembuatan soal,” ungkap Ita.

Lebih lanjut Ita menjelaskan Asesmen dilaksanakan selama 08 hari dimulai pada tanggal 22 s.d 02 Mei 2024. Pelaksanaan asesmen untuk semua siswa serentak dimulai pukul 08.00 Wita. Dalam 1 hari diujikan ada satu atau dua mata pelajaran. Sementara jumlah peserta AM sebanyak 59 siswa,. Sedangkan jumlah ruang ujian sebanyak 03 lokal. “Semoga pelaksanaan Asesmen Madrasah tahun ini dapat berjalan dengan lancar, tidak ada kendala atau masalah dalam pelaksanaannya,” harap Ita. (Rep : Novita/Ft : Dwi)