Siswa MTsN 6 Tabalong Setorkan Hafalan Amaliyah Sebagai Syarat Kelulusan

Tabalong (MTsN 6 Tabalong) Salah satu program yang dicanangkan untuk meningkatkan kualitas peserta didik MTsN 6 Tabalong adalah dengan menargetkan hafalan amaliyah yang disetorkan di akhir semester sebagai syarat kelulusan dan pengambilan ijazah. Setoran hafalan yang dikhususkan kepada kelas IX dijadwalkan selama tiga hari dimulai dari senin hingga rabu tanggal 13 sd 15 Mei 2024. Pada Senin (13/05/24) seluruh siswa kelas IX mulai menyetorkan hafalannya kepada masing-masing penguji di lingkungan madrasah.

Hafalan amaliyah yang disetorkan kepada penguji yaitu bacaan wudhu, azan dan iqamah beserta doa, bacaan shalat hingga wirid, doa arwah, tahlil, ratibul hadad, dan Juz ‘Amma. Seluruh materi hapalan merupakan bacaan yang setiap hari dibaca saat kegiatan amaliyah pagi. Sedangkan penguji yang bertugas menguji para siswa adalah seluruh dewan guru yang telah dibagikan secara merata.

Hardiansyah sebagai Pembina keagamaan berharap para siswa mampu menyelesaikan seluruh tagihan sesuai dengan jadwal. “Para siswa kelas IX diharapkan mampu menyelesaikan seluruh tagihan hapalan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Silakan menghubungi para penguji masing-masing dengan membawa list catatan hapalan,” terang Hardi.

Salah satu siswa yang sudah menyelesaikan setoran hapalannya kepada H. Yurni sebagai penguji yaitu Fahreza mengungkapkan perasaannya. “Alhamdulillah sudah bisa menyetorkan beberapa bagian kepada penguji. Untuk bagian lain yang masih belum hapal, akan dilanjutkan kembali besok hari,” ungkap Reza.

Menanggapi kegiatan positif tersebut, Kepala MTsN 6 Tabalong Ponijo berharap kegiatan ini akan menjadi bekal berharga bagi siswa. “Semoga setiap amaliyah yang dihapal siswa dapat menjadi bekal dalam beribadah dan membawa manfaat bagi mereka baik untuk diri sendiri maupun masyarakat di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” demikian papar Ponijo.  (Rep:Sri/Ft:Ajay)