5 Peserta Didik MIN 4 Tabalong Ikuti KSM 2024 Tingkat Kabupaten

Tanjung (MIN 4 Tabalong) – Lima orang peserta dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Tabalong mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2024 tingkat kabupaten Tabalong yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah negeri (MAN) 1 Tabalong, Rabu (03/07/24) yang berjalan lancar tanpa ada kendala.

Sesuai jadwal yang tertera pada kartu peserta pelaksanaan KSM yaitu pada sesi 1 untuk bidang Matematika Terintegrasi atas nama Muhammad Zainal Ilmi pada pukul 08.30 s/d 10.00 WITA dan sesi 3 yakni 12.30 s/d 14.00 WITA untuk bidang Sains IPA Terintegrasi atas nama Nurhayati. Serta beregu bidang Sosial Sains Terpadu yang diwakili Ahmad Syazdili, Ahmad Sulaiman Hadi dan Abella Raina Amanda.

Ketua delegasi KSM MIN 4 Tabalong Muhammad Muhaimin, S.Pd.I  mengatakan suksesnya pelaksanaan madrasah dalam mengikuti ajang KSM ini karena madrasah sudah mempersiapkan semua yang diperlukan sejak pendaftaran peserta hingga pelaksanaan uji coba yang memberikan kesempatan kepada madrasah untuk mengantisipasi dan mencari solusi untuk kemungkinan kendala yang akan terjadi.

“Uji coba kemarin membuat kita bisa menyiapkan segala yang berkenaan dengan sarana prasarana seperti laptop dan jaringan internet untuk pelaksanaan KSM hari ini. Selain itu tentunya latihan-latihan dan arahan dari kamad maupun guru pembimbing bagi peserta agar menyiapkan diri dalam mengikuti lomba KSM ini” kata Muhaimin.

Sementara itu guru pembimbing dan pendamping Nor Hafizah Indah Fauziah, S.Pd yang turut hadir mengatakan keikutsertaan madrasah pada ajang KSM bukan sekedar mencari juara, dengan mengikuti ajang KSM ini sebagai bukti eksistensi madrasah yang aktif dan berani tampil.

”Sesuai tagline KSM tahun ini yaitu Madrasah Maju Bermutu Menduani dengan mengikuti setiap ajang kompetisi yang berlangsung tentunya menjadikan madrasah berusaha menampilkan kemampuannya dengan maksimal, dan ini akan sangat baik sekali untuk menumbuhkan dan memupuk mental juara berani bersaing dalam hal-hal positif bagi warga madrasah. Keberanian itu sudah merupakan prestasi sebab tanpa keberanian tampil mustahil mendapatkan juara” ujar Hafizah.

Lebih lanjut Hafizah mengatakan menjadi juara atau belum itu kita serahkan kepada hasil akhirnya yang penting kita sudah berusaha dengan maksimal. Sebagai guru semangat tersebut terus dijaga dan ditanamkan kepada peserta didiknya.

“Apa pun hasil akhirnya nanti kita terima, kita tetap optimis dan kita jaga terus semangat berjuang dan bersaing yang sudah kita miliki untuk hal lainnya seperti terus semangat belajar menuntut ilmu dan memberikan yang terbaik yang kita miliki untuk mencerdaskan anak-anak kita khususnya bagi guru” pungkasnya. (Rep/Ft: Amiin)

 

Editor:Aya